Blog

Aplikasi Belanja Pengadaan (Bela) untuk Kemudahan Belanja Pemerintah

Aplikasi Belanja Pengadaan (Bela) untuk Kemudahan Belanja Pemerintah

Aplikasi belanja pengadaan (Bela) merupakan platform belanja online untuk pengadaan barang maupun jasa di lingkup pemerintah. Anggaran pembelanjaan pada aplikasi ini adalah mencapai 50 juta rupiah. Aplikasi belanja pengadaan ini dapat Anda akses melalui belapengadaan.lkpp.go.id

Penggunaan aplikasi ini bukan tanpa alasan. Dengan pembelanjaan yang terpusat, diharapkan pembelian barang dan pengadaan jasa di lingkup pemerintahan bisa dilakukan secara akuntabel, transparan, kompetitif dan bersih. Sebab pengadaan barang dan jasa ini menggunakan anggaran APBN dan APBD.

Kategori Produk dalam Aplikasi

Pada dasarnya aplikasi belanja pengadaan ini diisi oleh beberapa usaha kecil dan mikro. Namun, tidak semua usaha kecil dan mikro dapat tergabung dalam aplikasi ini. Mereka harus melalui filtrasi dari e-marketplace. Beberapa e-marketplace yang bergabung dalam aplikasi Bela ini adalah Buka Lapak, Bhinneka, Shoppee, dan lain-lain. Ketika membuka aplikasi ini, ada beberapa kategori produk yang akan Anda temukan. Mulai dari angkutan, makanan, kurir, suvenir, tiket, dan alat tulis kantor. 

Kebijakan Menggunakan Aplikasi

Pengadaan barang dan jasa melalui aplikasi belanja pengadaan (Bela) merupakan kebijakan dari pemerintah untuk memberi kesempatan bagi pelaku usaha kecil dan mikro sebagai penyedia jasa dan barang pada instansi atau lembaga pemerintahan. Dengan adanya aplikasi ini, Anda bisa melakukan transaksi secara lebih mudah. 

Sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk menciptakan pembelanjaan yang transparan, dibuatlah kebijakan untuk semua pihak yang terlibat dalam pengadaan barang dan jasa. Bai pihak yang terlibat diwajibkan untuk menerapkan prinsip dan mematuhi etika. Yakni tidak menerima, tidak menawarkan, dan tidak menjanjikan hadiah maupun menerima hadiah, komisi, imbalan, rabat, atau imbalan dalam bentuk apa pun dalam pengadaan barang dan jasa. 

Persyaratan Usaha Kecil dan Mikro untuk Bergabung dengan Aplikasi Belanja Pengadaan

Untuk bisa bergabung dengan aplikasi belanja pengadaan (Bela) ada ketentuan yang harus Anda penuhi. Khususnya untuk pelaku usaha kecil dan mikro. 

  • E marketplace haruslah mempunyai izin usaha seperti dalam undang-undang yang berlaku
  • E marketplace memfasilitasi pelaku usaha kecil dan mikro dan mempunyai fitur khusus pedagang bagi usaha kecil dan mikro.
  • E marketplace memiliki NPWP dan memenuhi SPT tahunan.

Sebelum kehadiran aplikasi belanja pengadaan (Bela) pemerintah memiliki kesatuan integrasi yang berfungsi sebagai portal pengadaan nasional atau Inaproc, yang terdiri dari; SIRUP, portal e-Proc, e-catalogue, vendor directory dalam sistem kinerja penyedia, smart report LKPP, agregasi data penyedia, dan monitoring evaluasi online. 

Fungsi Aplikasi Belanja Pengadaan (Bela)

Pada dasarnya aplikasi belanja pengadaan (Bella) merupakan upaya untuk membangun transparansi dalam pengadaan barang dan jasa di lingkup pemerintah daerah maupun pemerintah nasional. Selain itu, pengadaan barang dan jasa dapat Anda lakukan melalui aplikasi ini sebenarnya memberi kesempatan bagi usaha kecil untuk terus berkembang dengan menjadi penyedia barang dan jasa.

Sertifikasi Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa

Bagi pelaku pengadaan barang dan jasa, sertifikasi ini sangatlah penting. Dengan adanya sertifikasi ini, Anda menjadi panitia pengadaan dan lelang. Untuk mendapatkan sertifikat, Anda bisa mengikuti sertifikasi pengadaan barang dan jasa di Lemindo Bimtek. 

Meski serupa dengan pelatihan untuk pegawai, namun materi yang disampaikan memiliki kelengkapan dari berbagai segi. Mulai dari latihan soal, pembahasan teori dengan proses pengajaran yang mudah dipahami, hingga simulasi tes sertifikasi. Dengan adanya pelatihan tersebut, tinggi kemungkinan bagi Anda untuk lulus ujian sertifikasi pengadaan barang dan jasa.

Materi Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJ)

LPPAN telah menyelenggarakan pelatihan, materi bimtek, dan training bagi pemerintahan, BUMN, dan swasta dengan pengalaman lebih dari 10 tahun yang telah terdaftar secara resmi sebagai lembaga pelatihan yang akuntabel dan terpercaya untuk meningkatkan kapasitas SDM di organisasi Anda.

Kami menyediakan berbagai materi bimtek pengadaan dengan berbagai topik untuk menunjang peningkatan SDM demi tercapainya tujuan dari organisasi Anda dengan topik yang terdiri:

1. Bimtek dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah sesuai Perpres 16 Tahun 2018
2. Bimtek Sosialisasi Perpres No.16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
3. Bimtek Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
4. Bimtek Teknik Penyusunan Kontrak Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
5. Bimtek Teknik dan Metode Penyusunan HPS/OE Atas Pengadaan Barang/Jasa untuk BUMN dan Lembaga Pemerintah
6. Bimtek Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang/Jasa di Desa
7. Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa dengan Swakelola
8. Bimtek Tata Kerja Tim Dan Tata Cara Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Pengelolaan Pengadaan Barang/Jasa
9. Bimtek Teknik Penyusunan SOP ULP KLDI
10. Bimtek Jasa Konstruksi Bagi Tenaga Pemeriksa Dan Aparatur Pengawasan
11. Bimtek Mekanisme Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Tanpa Tender
12. Bimtek Khusus Topik Pengadaan Barang dan Jasa

Mencoba Simulasi Ujian PBJ sesuai Perpres 16 tahun 2018 secara GRATIS? klik DISINI

Butuh Informasi Terbaru Bimtek dan Konsultasi Bimtek sesuai Kebutuhan? Silakan klik dan chat WA di bawah ini.

829 Views

No Comments

Leave a Reply

Butuh Bantuan? Chat WA