Blog

Aplikasi Katalog LKPP untuk Memudahkan PBJ Pemerintah

Aplikasi Katalog LKPP untuk Memudahkan PBJ Pemerintah

Sistem katalog elektronik atau e-katalog merupakan aplikasi katalog LKPP yang dikembangkan untuk menunjang pengadaan barang dan jasa (PBJ) pemerintah. Kebijakan ini diberlakukan untuk membantu pelaksanaan PBJ pada erat Internet of Things (IoT) agar dapat mengimbangi kemajuan teknologi dan perkembangan zaman.

Dengan e-katalog, organisasi pemerintahan, baik pusat maupun daerah, diharapkan dapat memotong rantau birokrasi yang selama ini dianggap menyulitkan masyarakat luas. Fungsi lain yang akan Anda peroleh dari sistem ini mencakup memudahkan prosedur hingga mengubah mekanisme PBJ supaya lebih responsif, transparan, dan mudaj diakses. Dengan begitu, check & balance dapat terjadi.

Mengenal konsep e-katalog dari LKPP

Menurut Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), 11/2018 tentang Katalog Elektronik, e-katalog adalah aplikasi katalog LKPP yang memuat informasi seputar PBJ. Data-data yang dapat Anda akses atau masukan mencakup daftar, spesifikasi, teknik, produk dalam negeri, Tingkat Komponen Dalam Negeri, produk SNI, negara asal, harga, produk industri hijau, dan lain sebagainya.

Kemudian, ada tiga jenis e-katalog yang dapat Anda gunakan. Di antaranya katalog elektronik nasional, katalog elektronik sektoral, serta katalog elektronik lokal. Katalog elektronik nasional pada umumnya memuat informasi terkait barang, jasa, pekerjaan konstruksi, dan/atau jasa lainnya.

Kemudian, ada e-purchasing yang merupakan tata cara pembelian barang-barang dan jasa lewat sistem e-katalog. Proses dalam aplikasi katalog LKPP ini pun ditangani pemerintah. E-katalog dan e-purchasing pun menjadi bagian pengadaan elektronik atau e-procurement.

Dalam praktiknya, e-purchasing ditujukan sebagai pendamping e-katalog. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam memilih barang dan jasa secara efektif dan efisien. Pasalnya, Anda tak perlu lagi mengeluarkan biaya yang banyak atau mengalokasikan waktu yang lama.

Jika dimanfaatkan dengan baik dan tepat, e-katalog akan membantu pemerintah dalam mewujudkan tatanan Good Governance yang akuntabel dan transparan. Bahkan aplikasi katalog LKPP ini pun bisa mendorong pergerakan reformasi dalam administrasi publik.

Kriteria barang dan jasa yang masuk ke e-katalog

Setelah mengetahu konsepnya, sekarang Anda perlu mengetahui juga jenis barang dan jasa yang bisa dimasukan ke dalam e-katalog. Berdasarkan Perlem LKPP 7/2020 tentang Katalog Elektronik, ada dua jenis barang dan jasa yang dapat didaftarkan, antara lain:

  1. Jenis barang dan jasa umum, yakni produk yang diperlukan K/L, produk standar atau yang bisa distandarkan, serta kebutuhan yang sifatnya berulang;
  2. Jenis barang dan jasa inovasi, yakni produk yang ditetapkan menteri atau pimpinan lembaga yang menangani urusan pemerintahan di bidang penelitian, pengkajian, pengembangan, dan penerapan serta inovasi dan invesi yang terintegrasi.

Cara mendaftarkan produk ke e-katalog LKPP

Lalu, bagaimana cara mendaftarkan barang dan jasa ke aplikasi katalog LKPP? Ikuti panduannya berikut ini:

  1. KLDI serta penyedia mengusulkan produk ke Direktur Pengembangan Sistem Katalog LKPP untuk kemudian dianalisis dan diklarifikasi;
  2. Pokja e-katalog akan menindaklanjuti hasil klarifikasi, lalu melakukan studi kebutuhan, spesifikasi teknik, supply chain & logistic management, syarat penyedia, dan proses bisnis;
  3. Kemudian, pemilihan penyedia atau vendor ditetapkan lewat tender atau negosiasi harga;
  4. Kontrak payung akan disiapkan setelah penyedia katalog terpilih. Baik penyedia dan produk yang ditawarkan akan ditayangkan pada sistem katalog;
  5. KLDI melakukan e-purchasing untuk melaksanakan pengadaan barang dan jasa.

Demikian informasi terkait aplikasi katalog LKPP. Semoga membantu Anda dalam menyediakan barang dan jasa!

770 Views

No Comments

Leave a Reply

Butuh Bantuan? Chat WA