Blog

Konsultasi Pengadaan Mempermudah Proses Pengadaan Pemerintah

Konsultasi Pengadaan Mempermudah Proses Pengadaan Pemerintah

Tidak terkecuali dalam pemerintahan, kegiatan pengadaan barang dan jasa meliputi berbagai aspek. Ketentuan yang mengatur tentang pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah adalah Peraturan Presiden no. 54 tahun 2010. Maka tidak heran jika sekarang banyak pegawai pemerintahan diminta untuk mengikuti bimtek pengadaan atau konsultasi pengadaan hingga ujian kompetensi pengadaan. Hal itu supaya dalam hal pengadaan barang dan jasa yang berkaitan dengan pembangunan dalam negeri dapat mempunyai SDM yang kompeten serta bersertifikasi.

Kebutuhan akan barang dan jasa sendiri dikelompokkan dalam jenis-jenis. Berikut adalah beberapa jenis tersebut.

Berupa Barang

Kebutuhan barang dan jasa berupa barang yaitu setiap benda yang memiliki wujud ataupun tidak serta bergerak maupun tidak yang bisa untuk diperdagangkan, digunakan, hingga dimanfaatkan oleh pengguna. Contohnya saja barang setengah jadi, bahan baku, hingga barang jadi.

Pekerjaan Konstruksi

Pekerjaan konstruksi di sini dimaksudkan merupakan semua pekerjaan yang mempunyai kaitan dengan pelaksanaan konstruksi bangunan serta pembuatan hal fisik yang lainnya. Contohnya seperti dalam pekerjaan membangun sebuah gedung auditorium di dalamnya ada pekerjaan sipil, arsitektur dan lain sebagainya.

Jasa Konsultasi

Jasa konsultasi di sini merupakan jasa layanan yang profesional yang memerlukan keahlian tertentu ada pada bidang-bidang keilmuan. Jasa ini misalnya seperti jasa konsultan hukum, jasa keahlian profesi jasa pendampingan, jasa konsultasi pengadaan dan lain sebagainya.

Jasa Lainnya

Jasa ini memerlukan kemampuan yang tertentu. Berbeda dengan jasa konsultasi di atas yang mana mengutamakan olah pikir. Jasa lainnya ini lebih membutuhkan keterampilan atau kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaan selain konsultasi. Misalnya saja jasa pengadaan barang, jasa konstruksi, jasa penyedia tenaga kerja dan lain sebagainya.

Mengetahui mengenai berbagai jenis barang serta jasa memang sangat diperlukan. Hal itu cukup berpengaruh untuk berbagai hal kedepannya, baik dimulai dari sistem pengadaan, jadwal pengadaan, hingga jaminan lelang yang nantinya akan digunakan pada proses pemilihan dari penyedia barang maupun jasa.

Selain jenis-jenis di atas, pengadaan barang dan jasa juga memegang beberapa prinsip yang bisa dijadikan sebagai dasar, yaitu:

Efisien

Prinsip yang pertama adalah efisien. Di dalam hal ini bisa diukur pada seberapa besar usaha atau upaya, termasuk dalam masalah dana serta daya, yang bisa dikerjakan guna terpenuhinya barang dan jasa dengan spesifikasi yang tertentu. Jika semakin kecil upaya yang dilakukan, maka dapat dikatakan proses pengadaan semakin efisien.

Efektif

Prinsip yang kedua adalah efektif. Di dalam hal ini bisa diukur dengan seberapa jauh barang dan jasa diperoleh dari pengadaan yang telah dilakukan bisa untuk memenuhi dari spesifikasi yang diharapkan.

Transparan

Perinsip yang ketiga adalah transparan. Di sini transparan adalah yang memastikan proses pengadaan barang dan jasa bisa untuk diketahui secara luas. Proses di sini seperti dasar hukum, spesifikasi dari barang dan jasa, tata cara serta segala sesuatu yang memiliki kaitan dengan pengadaan tersebut.

Terbuka

Di sini maksudnya terbuka adalah yang mampu menjadikan pengadaan barang dan jasa bisa diikuti oleh semua penyedia barang dan jasa yang sudah memenuhi dan mendukung kriteria yang memberi akses pada informasi prosedur yang sudah ditetapkan.

Bersaing

Di sini adalah yang mampu menjadikan proses dari pengadaan barang dan jasa menciptakan iklim persaingan yang secara sehat antara para penyedia barang dan jasa.

Adil

Prinsip ini adalah yang menjamin jika proses pengadaan barang dan jasa memberikan perlakuan yang sama pada semua calon penyedia jasa yang tertarik mengikuti tanpa ada perlakuan khusus ke salah satu penyedia barang dan jasa.

Akuntabel 

Ini adalah yang memastikan bahwa proses pengadaan barang dan jasa bisa untuk dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan serta ketentuan berlaku.

Demikian pembahasan singkat mengenai pengadaan barang dan jasa pemerintah. Untuk menjadi bagian dari ini, Anda harus melewati beberapa proses untuk mendapatkan sertifikasi pengadaan, seperti bimtek atau konsultasi pengadaan hingga mengikuti ujiannya.

Materi Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJ)

LPPAN telah menyelenggarakan pelatihan, materi bimtek, dan training bagi pemerintahan, BUMN, dan swasta dengan pengalaman lebih dari 10 tahun yang telah terdaftar secara resmi sebagai lembaga pelatihan yang akuntabel dan terpercaya untuk meningkatkan kapasitas SDM di organisasi Anda.

Kami menyediakan berbagai materi bimtek pengadaan dengan berbagai topik untuk menunjang peningkatan SDM demi tercapainya tujuan dari organisasi Anda dengan topik yang terdiri:

1. Bimtek dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah sesuai Perpres 16 Tahun 2018
2. Bimtek Sosialisasi Perpres No.16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
3. Bimtek Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
4. Bimtek Teknik Penyusunan Kontrak Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
5. Bimtek Teknik dan Metode Penyusunan HPS/OE Atas Pengadaan Barang/Jasa untuk BUMN dan Lembaga Pemerintah
6. Bimtek Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang/Jasa di Desa
7. Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa dengan Swakelola
8. Bimtek Tata Kerja Tim Dan Tata Cara Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Pengelolaan Pengadaan Barang/Jasa
9. Bimtek Teknik Penyusunan SOP ULP KLDI
10. Bimtek Jasa Konstruksi Bagi Tenaga Pemeriksa Dan Aparatur Pengawasan
11. Bimtek Mekanisme Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Tanpa Tender
12. Bimtek Khusus Topik Pengadaan Barang dan Jasa

Mencoba Simulasi Ujian PBJ sesuai Perpres 16 tahun 2018 secara GRATIS? klik DISINI

Butuh Informasi Terbaru Bimtek dan Konsultasi Bimtek sesuai Kebutuhan? Silakan klik dan chat WA di bawah ini.

5/5 - (2 votes)
949 Views

No Comments

Leave a Reply

Butuh Bantuan? Chat WA