Blog

Pelaku Pengadaan dalam Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

Pelaku Pengadaan dalam Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

Untuk memenuhi kebutuhan pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan serta melakukan pelaksanaan pembangunan, pengadaan barang dan jasa merupakan suatu kegiatan yang rutin. Pengadaan barang dan jasa sendiri bisa dilakukan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah sangatlah penting karena kegiatan pembangunan negeri ini tentunya memerlukan barang serta jasa agar dapat berjalan dengan sukses dan tetap lancar. Hal itu karena tidak semua barang dan jasa yang dibutuhkan untuk pembangunan dapat disediakan oleh pemerintah sendiri. Maka dari itu, dibutuhkan juga pelaku pengadaan yang sudah memiliki sertifikasi pengadaan. Dimana sertifikasi pengadaan tersebut menunjukkan jika Anda sudah kompeten untuk menjadi pelaku ataupun panitia pengadaan barang dan jasa tersebut.

Pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah tentunya memiliki tujuan tersendiri. Tujuan tersebut sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 16 tahun 2018, yang mana kegiatan pengadaan barang dan jasa memiliki tujuan untuk menghasilkan barang serta jasa berkualitas serta dapat diukur dari berbagai segi misalnya lokasi, jumlah penyediaan hingga biaya. Selain itu, pemerintah haruslah memperhatikan mengenai manfaat yang paling besar dari biaya atau uang yang dikeluarkan sehingga dapat memberikan barang serta jasa yang harga, jumlah, kualitas dan lain sebagainya baik. Dengan begitu, nantinya akan mendapatkan pengadaan barang dan jasa yang harga termurah, berkualitas baik, mudah dijangkau keberadaan barangnya, hingga berasal dari jasa yang bagus atau bonafit.

Pelaku Pengadaan dan Kontribusi dalam Hasil Produksi di Dalam Negeri

Dalam hal ini pemerintah mengeluarkan banyak aturan supaya untuk memastikan barang dan jasa yang diadakan tersebut merupakan produk dalam negeri atau karya anak bangsa. Dengan begitu, diharapkan dapat membantu terhadap peningkatan perekonomian dari masyarakat. Selain itu, penggunaan produk dalam negeri juga akan meningkatkan pendapatan dalam negeri sehingga nantinya dapat memberikan kontribusi yang besar pada kesejahteraan rakyat.

Setiap Proses Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Melibatkan UMKM Semakin Meningkat

Fungsi UMKM di dalam kegiatan pembangunan selalu diupayakan untuk terlibat oleh pemerintah. Ini merupakan hal penting karena apabila UMKM terus maju dan kuat maka perekonomian dari masyarakat juga akan menjadi semakin stabil dan kuat. Selain itu, membuat keterlibatan UMKM semakin meningkat dalam pengadaan barang dan jasa untuk pembangunan tentunya menjadi wujud yang nyata dari pemerintah guna meningkatkan kemakmuran dari masyarakat.

Peran dari Pengusaha Nasional Menguat

Menguatkan peran pengusaha nasional ini juga merupakan hal yang masih berkaitan erat dengan penguatan dari ekonomi nasional. Di sini pengadaan barang dan jasa haruslah mampu untuk memberikan dampak seperti pengusaha nasional yang semakin menguat. Selain itu, untuk barang dan jasa yang disediakan oleh pelaku pengadaan dari pihak swasta diharapkan untuk bisa mendapatkannya dari perusahaan yang berada di bawah pengelolaan pengusaha nasional dan bukanlah pengusaha asing.

Pelaku Pengadaan dalam Pemerataan Pembangunan

Pemerintah terus berupaya untuk melakukan pemerataan pembangunan di negeri ini agar hasilnya bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat. Maka dengan begitu, pengadaan barang dan jasa haruslah dilakukan dengan berkaitan asas pemerataan hasil dari pembangunan. Tidak hanya kontraktor besar yang bisa terlibat dalam menyediakan kebutuhan yang diinginkan, namun para kontraktor kecil pun harus dilibatkan. Dengan begitu, tidak hanya akan mengurangi kecemburuan, namun nantinya akan membuat hasil pembangunan tersebut lebih merata.

Itulah beberapa tujuan dari pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah untuk pembangunan dalam negeri. Perlu diingat lagi bahwa pelaku pengadaan haruslah orang yang sudah kompeten. Maka dari itu, jika Anda ingin menjadi bagian tersebut, Anda harus melewati proses bimtek pengadaan hingga mengikuti ujian sertifikasi pengadaan untuk mendapatkan sertifikasi pengadaan.

LPPAN telah menyelenggarakan pelatihan, materi bimtek, dan training bagi pemerintahan, BUMN, dan swasta dengan pengalaman lebih dari 10 tahun yang telah terdaftar secara resmi sebagai lembaga pelatihan yang akuntabel dan terpercaya untuk meningkatkan kapasitas SDM di organisasi Anda.

Kami menyediakan berbagai materi bimtek pengadaan dengan berbagai topik untuk menunjang peningkatan SDM demi tercapainya tujuan dari organisasi Anda dengan topik yang terdiri:

1. Bimtek dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah sesuai Perpres 16 Tahun 2018
2. Bimtek Sosialisasi Perpres No.16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
3. Bimtek Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
4. Bimtek Teknik Penyusunan Kontrak Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
5. Bimtek Teknik dan Metode Penyusunan HPS/OE Atas Pengadaan Barang/Jasa untuk BUMN dan Lembaga Pemerintah
6. Bimtek Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang/Jasa di Desa
7. Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa dengan Swakelola
8. Bimtek Tata Kerja Tim Dan Tata Cara Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Pengelolaan Pengadaan Barang/Jasa
9. Bimtek Teknik Penyusunan SOP ULP KLDI
10. Bimtek Jasa Konstruksi Bagi Tenaga Pemeriksa Dan Aparatur Pengawasan
11. Bimtek Mekanisme Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Tanpa Tender
12. Bimtek Khusus Topik Pengadaan Barang dan Jasa

Mencoba Simulasi Ujian PBJ sesuai Perpres 16 tahun 2018 secara GRATIS? klik DISINI

Butuh Informasi Terbaru Bimtek dan Konsultasi Bimtek sesuai Kebutuhan? Silakan klik dan chat WA di bawah ini.

5/5 - (11 votes)
942 Views

No Comments

Leave a Reply

Butuh Bantuan? Chat WA