Blog

Ujian Sertifikasi Pengadaan dan Tips Untuk Mendapatkan Skor Tinggi

Ujian Sertifikasi Pengadaan dan Tips Untuk Mendapatkan Skor Tinggi

Ujian Sertifikasi Pengadaan seperti yang diketahui saat ini bahwa pemerintah sedang gencar dalam melakukan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat. Tentunya dalam pelaksanaan pembangunan tersebut, pemerintah baik dari pusat maupun daerah membutuhkan ketersediaan barang dan jasa. Alasannya karena barang dan jasa yang dibutuhkan biasanya disediakan oleh swasta. Jadi, pengadaan barang dan jasa akan terus untuk dilakukan selama pembangunan di negeri ini berlangsung. Sementara, pengadaan barang dan jasa hanya dapat dilakukan pegawai pemerintah yang mempunyai sertifikasi untuk mengadakan pengadaan barang dan jasa. Tentunya itu bukan perkara yang mudah. Pengadaan barang dan jasa berhubungan dengan penggunaan anggaran dari APBD maupun APBN sehingga itu menjadi sesuatu yang sensitif.

Ujian Sertifikasi Pengadaan sendiri dimaksudkan supaya Anda yang memegang sertifikat itu dapat menerapkan peraturan pemerintah dalam hal pengadaan barang dan jasa yang sesuai dengan peraturan berlaku. Peraturan yang berlaku tersebut dibuat supaya dana pemerintah yang digunakan dapat tepat sasaran, dapat dipertanggungjawabkan, transparan, dan yang terpenting dapat memberikan kontribusi yang besar pada pembangunan secara keseluruhan di negeri ini. Mengikuti uji kompetensi sertifikasi pengadaan barang dan jasa, tentu harus dipersiapkan sematang mungkin oleh Anda. Tentunya agar mendapatkan skor yang tinggi sehingga bisa lulus tes. Maka dari itu, Anda perlu tahu juga mengenai trik untuk mendapatkan skor tinggi tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah ulasannya.

Mempersiapkan Diri Sebaik Mungkin

Sebelum menghadapi tes apapun, termasuk uji kompetensi sertifikasi pengadaan barang dan jasa, tentu diperlukan persiapan diri yang baik. Mempersiapkan diri Anda sematang dan sebaik mungkin adalah hal yang penting untuk Anda bisa mendapatkan nilai yang terbaik serta lulus dalam tes. Anda tidak hanya harus mempersiapkan kesehatan fisik, namun juga mempersiapkan mental. Sebelum mengikuti diklat jaga tubuh Anda agar selalu sehat, apalagi ketika dalam pelatihan nantinya serta ketika mengikuti tes kompetensi itu sendiri. Seperti yang diketahui, jika tubuh dalam kondisi yang kurang sehat, konsentrasi akan terganggu sehingga Anda dalam menjawab soal tidak bisa maksimal.

Mempersiapkan Modul Ujian Sertifikasi Pengadaan

Saat diklat Anda akan diberikan beberapa modul yang berisi materi. Anda bisa mempelajari modul-modul tersebut sebelum Ujian Sertifikasi Pengadaan. Bacalah dan coba mengerti semua isi yang ada di modul dengan baik. Anda juga bisa menandai halaman-halaman yang kiranya ada materi penting pada modul, Dengan begitu, ketika tes berlangsung dan Anda membutuhkan referensi jawaban bisa dengan mudah menemukannya karena tes biasanya adalah tes terbuka atau open book. Selain itu, menandai halaman-halaman penting akan lebih membantu serta memudahkan Anda untuk dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan di soal dengan tepat dan cepat.

Memastikan Jawaban

Setiap tes atau ujian apapun, pasti Anda akan menemukan soal yang menurut Anda sulit ataupun mudah. Ketika Anda menemukan yang menurut Anda sulit, maka abaikan dahulu saja dan kerjakan soal yang menurut Anda mudah. Jika Anda sudah selesai menjawab pertanyaan-pertanyaan mudah, Anda bisa kembali lagi ke soal-soal yang sulit dan belum sempat dikerjakan. Coba untuk pastikan juga setelah menjawab semua pertanyaan yang ada, Anda menjawabnya dengan benar. Hal yang perlu diperhatikan dalam uji kompetensi sertifikasi pengadaan ini, banyak terdapat soal-soal yang menjebak. Jadi, ketika Anda tidak cermat dalam membaca soal dan mengerti maksudnya, sangat memungkinkan untuk Anda salah dalam menjawab. Bila masih banyak waktu tersisa, Anda bisa membaca atau meneliti ulang jawaban-jawaban yang diberikan tadi.

Itulah trik-trik yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan skor tinggi dalam Ujian Sertifikasi Pengadaan. Anda bisa mendapatkan sertifikasi pengadaan barang dan jasa dengan belajar secara giat dan pantang menyerah. Perlu Anda ingat bahwa pengadaan barang dan jasa sangatlah penting bagi kelangsungan pembangunan nasional.

LPPAN telah menyelenggarakan pelatihan, materi bimtek, dan training bagi pemerintahan, BUMN, dan swasta dengan pengalaman lebih dari 10 tahun yang telah terdaftar secara resmi sebagai lembaga pelatihan yang akuntabel dan terpercaya untuk meningkatkan kapasitas SDM di organisasi Anda.

Kami menyediakan berbagai materi bimtek pengadaan dengan berbagai topik untuk menunjang peningkatan SDM demi tercapainya tujuan dari organisasi Anda dengan topik yang terdiri:

1. Bimtek dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah sesuai Perpres 16 Tahun 2018
2. Bimtek Sosialisasi Perpres No.16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
3. Bimtek Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
4. Bimtek Teknik Penyusunan Kontrak Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
5. Bimtek Teknik dan Metode Penyusunan HPS/OE Atas Pengadaan Barang/Jasa untuk BUMN dan Lembaga Pemerintah
6. Bimtek Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang/Jasa di Desa
7. Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa dengan Swakelola
8. Bimtek Tata Kerja Tim Dan Tata Cara Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Pengelolaan Pengadaan Barang/Jasa
9. Bimtek Teknik Penyusunan SOP ULP KLDI
10. Bimtek Jasa Konstruksi Bagi Tenaga Pemeriksa Dan Aparatur Pengawasan
11. Bimtek Mekanisme Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Tanpa Tender
12. Bimtek Khusus Topik Pengadaan Barang dan Jasa

Mencoba Simulasi Ujian PBJ sesuai Perpres 16 tahun 2018 secara GRATIS? klik DISINI

Butuh Informasi Terbaru Bimtek dan Konsultasi Bimtek sesuai Kebutuhan? Silakan klik dan chat WA di bawah ini.

4/5 - (4 votes)
882 Views

No Comments

Leave a Reply

Butuh Bantuan? Chat WA