Blog

Tender Pemerintah untuk Pengadaan Barang dan Jasa yang Berkualitas

Tender Pemerintah untuk Pengadaan Barang dan Jasa yang Berkualitas

Sedang mempersiapkan diri untuk ikut ujian sertifikasi PBJ? Mempelajari materi ujian adalah salah satu langkah yang membantu Anda menjawab soal. Dari sejumlah subjek yang sering keluar, tender pemerintah termasuk materi yang perlu Anda antisipasi.

Mengenali prosedur tender pemerintah untuk Pengadaan

Jenis barang yang dilelang pemerintah lewat tender terbilang beragam. Sebut saja peralatan kantor, blanko e-KTP, hingga kotak suara. Seperti pada pelelangan swasta, peserta yang mengikuti tender dari pemerintah pun harus mengikuti prosedur yang diberlakukan, antara lain:

Kriteria barang yang dilelang

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kriteria barang yang akan dilepas pada tender pemerintah. Hal ini mencakup harga, kualitas, volume, durasi pengiriman, kualifikasi dari pihak yang mengikuti pelelangan, waktu pelaksanaan, dan lain sebagainya. Kemudian, pemilik proyek pun diwajibkan melengkapi syarat administrasi beserta perencanaannya.

Cara atau jenis pelelangan barang

Tak hanya satu, tetapi ada empat cara yang bisa diambil pemilik proyek untuk melelang barangnya, antara lain:

  1. Lelang umum. Dalam tender ini, semua pihak berhak mengikuti acara selama mengikuti syarat yang diberlakukan. Pemilik proyek pun mempunyai opsi yang lebih banyak yang dapat disesuaikan dengan bujet, hanya saja prosesnya lebih lama;
  2. Lelang terbatas. Jenis pelelangan ini cukup sering dijumpai dalam tender pemerintah, karena tak sembarangan orang diizinkan untuk mengikutinya. Peserta harus memenuhi kriteria ketat untuk mendapatkan barang yang diincar;
  3. Lelang bawah tangan. Berbanding terbalik dari lelang umum, jenis tender ini bersifat rahasia atau darurat. Skalanya pun kecil dengan nilai barang di bawah Rp50 juta;
  4. Lelang penunjukan langsung. Pemilik proyek berhak menunjuk langsung pihak yang mereka pikir mampu mengerjakan proyek. Jumlah peserta yang mengikuti tender ini minimal hanya tiga perusahaan.

Tawaran proposal dari peserta lelang

Selanjutnya, peserta lelang yang dianggap memenuhi kriteria atau persyaratan dapat mengirimkan proposal. Dokumen tersebut umumnya berisi penawaran pengadaan barang pada tender pemerintah. dalam tahap ini, vendor dapat memberikan penawaran menarik serta menguntungkan pemilik proyek. Misalnya dengan memberikan kemudahan pengadaan, jaminan stok, dan harga bersaing.

Menganalisis penawaran dari peserta

Begitu semua peserta selesai mempresentasikan proposal, pemilik proyek akan melakukan analisis terhadap penawaran yang diajukan. Mereka akan memilik peserta yang dianggap kompeten dan memiliki penawaran terbaik. Peserta juga harus memperhatikan reputasinya, karena pemilik proyek pun akan mempertimbangkannya sebelum mengambil keputusan.

Menyediakan kontrak proyek pengadaan

Setelah mendapatkan peserta yang dianggap layak dan memenuhi kriteria, pemilik proyek lantas mengumumkan pemenangnya. Peserta yang terpilih akan diberikan kontrak proyek pengadaan barang yang perlu ditandatangani. Mereka yang mengikuti tender pemerintah sebaiknya cermat dalam mempelajari setiap poin untuk mencegah kesalahpahaman di kemudian hari.

Pelaksanaan proyek pengadaan barang

Tahap berikutnya yang dikerjakan setelah proses pelelangan adalah pelaksanaan proyek pengadaan barang. Pengawasan akan dilakukan terhadap pihak pemasok atau vendor barang supaya prosesnya berjalan lancar. Selain itu, pemantauan juga membantu dalam penyelesaian kendala atau masalah yang terjadi di lapangan dalam waktu cepat.

Penyelesaian proyek dan pertanggungjawaban

Laporan akhir dan pertanggungjawaban dari peserta terpilih diperlukan sebagai bahan evaluasi maupun kepentingan lain. Bukan hanya itu, dokumen pertanggungjawaban yang tepat membantu pihak yang terlibat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hukum.

Semoga setelah membaca informasi ini, Anda dapat menjawab soal-soal yang berkaitan dengan tender pemerintah dalam ujian sertifikasi PBJ!

Materi Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJ)

LPPAN telah menyelenggarakan pelatihan, materi bimtek, dan training bagi pemerintahan, BUMN, dan swasta dengan pengalaman lebih dari 10 tahun yang telah terdaftar secara resmi sebagai lembaga pelatihan yang akuntabel dan terpercaya untuk meningkatkan kapasitas SDM di organisasi Anda.

Kami menyediakan berbagai materi bimtek pengadaan dengan berbagai topik untuk menunjang peningkatan SDM demi tercapainya tujuan dari organisasi Anda dengan topik yang terdiri:

1. Bimtek dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah sesuai Perpres 16 Tahun 2018
2. Bimtek Sosialisasi Perpres No.16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
3. Bimtek Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
4. Bimtek Teknik Penyusunan Kontrak Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
5. Bimtek Teknik dan Metode Penyusunan HPS/OE Atas Pengadaan Barang/Jasa untuk BUMN dan Lembaga Pemerintah
6. Bimtek Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang/Jasa di Desa
7. Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa dengan Swakelola
8. Bimtek Tata Kerja Tim Dan Tata Cara Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Pengelolaan Pengadaan Barang/Jasa
9. Bimtek Teknik Penyusunan SOP ULP KLDI
10. Bimtek Jasa Konstruksi Bagi Tenaga Pemeriksa Dan Aparatur Pengawasan
11. Bimtek Mekanisme Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Tanpa Tender
12. Bimtek Khusus Topik Pengadaan Barang dan Jasa

Mencoba Simulasi Ujian PBJ sesuai Perpres 16 tahun 2018 secara GRATIS? klik DISINI

Butuh Informasi Terbaru Bimtek dan Konsultasi Bimtek sesuai Kebutuhan? Silakan klik dan chat WA di bawah ini.

819 Views

No Comments

Leave a Reply

Butuh Bantuan? Chat WA